Kamis, 21 Oktober 2010

PCE10/02 - BIOS dan Vendornya


Tahukah anda apa itu BIOS....?

Setiap komputer pasti punya BIOS (Basic Input / Output System) merupakan instruksi perangkat elektronik yang digunakan komputer untuk memulai sistem operasi. BIOS terletak pada chip di dalam komputer dan dirancang secara khusus untuk melakukan operasi awal sebuah komputer. Alat ini sangat penting, karena nafas awal komputer ada disini.

Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi untuk Power-on self test (POST). Tes untuk memastikan bahwa komputer memiliki semua bagian yang diperlukan dan fungsi yang dibutuhkan untuk mulai beroperasi adalah baik, seperti penggunaan memori, keyboard dan bagian lainnya. Jika ada kesalahan yang terdeteksi pada saat tes, maka BIOS memerintahkan komputer untuk memberikan kode yang mengungkapkan masalah tersebut. Kode Kesalahan biasanya serangkaian beep terdengar lama setelah startup.
BIOS juga bekerja untuk memberikan komputer informasi dasar tentang bagaimana berinteraksi dengan beberapa komponen penting, seperti drive dan memori, yang akan memuat sistem operasi. Setelah petunjuk dasar telah dimuat dan self-test telah sukses, komputer dapat melanjutkan dengan memuat sistem operasi dari salah satu drive terpasang.
Pengguna komputer sering dapat membuat pengaturan  BIOS melalui layar konfigurasi pada komputer. Layar setup biasanya diakses dengan urutan tombol khusus pada saat pertama startup. Layar setup ini sering memungkinkan pengguna untuk mengubah urutan drive yang diakses saat startup dan mengontrol fungsi dari sejumlah perangkat kritis. Fitur ini bervariasi antara versi BIOS tertentu, tergantung pada produsen Motherboard.
Banyak produsen PC saat ini menggunakan kartu memori flash untuk menyimpan informasi BIOS. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memperbarui versi BIOS pada komputer setelah vendor merilis update. Sistem ini dirancang untuk memecahkan masalah dengan BIOS yang asli atau untuk menambahkan fungsi baru. Pengguna dapat secara berkala memeriksa versi BIOS update, karena beberapa vendor merilis update selusin atau lebih selama seumur hidup produk. Untuk memeriksa BIOS update, pengguna dapat memeriksa situs web dari vendor perangkat keras bersangkutan.
gambar bios
                                     Salah Satu Contoh BIOS

Macam-macam BIOS dan Type BIOS
Saat ini, ada beberapa perusahaan penyedia BIOS, yakni sebagai berikut:

    • AWARD AWARD BIOS Modular 4.50.0 pg
    • GNU GRUB 0.97
    • HP BIOS 68DTT F.0D
    • IBM BIOS 7CETB5WW 2.05
    • Insyde Insyde BIOS V190
    • Intel BIOS BTX3810J.86A.1814
    • Intel BIOS DPP3510J.86A.0484
    • Intel BIOS JOQ3510J.86A.0942
    • Intel BIOS PE94510M.0050.20.86A.0050.20
    • Intel BIOS TW96510J.86A.1157
    • McAfee SafeBoot Device Encryption 4 Build 4750
    • SecurStar DriveCrypt Plus Pack 3.9
    • TrueCrypt TrueCrypt 5.0
    • Award Software, yang meluncurkan Award BIOS, Award Modular BIOS, dan Award Medallion BIOS
    • Phoenix Technologies, yang meluncurkan Phoenix BIOS, dan setelah melakukan merjer dengan Award Software, meluncurkan Phoenix-Award BIOS
    • American Megatrends Incorporated (AMI) yang merilis AMI BIOS, dan AMI WinBIOS. Microids Research
    • Para OEM (Original Equipment Manufacturer), seperti Hewlett - Pack ard /Compaq, IBM/Lenovo, Dell Computer, dan OEM-OEM lainnya

  • Keterangan nya:
  • American Megatrends Inc (AMI Bios)
    AMIBIOS (atau AMI BIOS) BIOS dikembangkan dan dijual oleh American Megatrends Inc (AMI). Hal ini digunakan baik di perusahaan memiliki motherboard dan pada motherboard yang dijual oleh perusahaan lain. American Megatrends adalah satu-satunya pihak ketiga produsen BIOS motherboard juga memproduksi sendiri, meskipun dalam volume yang relatif kecil. Pada 2002, AMI BIOS adalah yang paling populer BIOS firmware untuk PC. American Megatrends memiliki model OEM usaha yang ketat untuk AMIBIOS, AMI tidak menjual BIOS atau BIOS chip bagi pengguna-akhir.Sebagai akibatnya, AMI tidak menghasilkan dokumentasi pengguna akhir untuk BIOS nya firmware atau menyediakan dukungan teknis secara langsung. Namun, perusahaan ini menerbitkan dua buku tentang BIOS nya.Selama powerup, BIOS firmware menampilkan sebuah string ID di-pojok kiri bawah layar. String ID terdiri berbagai potongan informasi tentang firmware, termasuk ketika dikompilasi, apa opsi-opsi konfigurasi yang dipilih, kode lisensi OEM, dan chipset yang ditargetkan dan motherboard. Ada 3 format string ID, yang pertama untuk AMIBIOS lebih tua, dan yang kedua dan ketiga untuk AMI baru Hi-Flex ("fleksibilitas tinggi") BIOS. Ini yang terakhir ditampilkan ketika seseorang menekan tombol Insert saat power-on self test.

    Award Bios
    "Jangan menghubungi Award Software untuk upgrade BIOS atau BIOS dukungan teknis" - tapi banyak informasi berguna yang bisa dipetik dari mereka yang Sering Mengajukan (FAQ) di situs Web mereka. Mereka juga memiliki cara untuk mengidentifikasi bagian motherboard Anda dari Award BIOS sebuah nomor untuk produsen motherboard di seluruh dunia.Sekali lagi Anda bisa mendapatkan tapi sedikit disederhanakan versi yang sama dari halaman ini dari Wim's BIOS  PageUntuk semua pengguna akhir dukungan teknis dan BIOS upgrade untuk Award Software BIOS produk menghubungi Unicore Software Inc.  alamat e-mail mereka adalah support@unicore.com.

    Phoenix Technologies
    Mengidentifikasi Motherboard dengan Phoenix BIOS bisa sulit, alasannya sebagai berikut (dikutip dari Phoenix FAQ's):
    "Jika Anda tidak dapat menemukan pembuat nama di dalam komputer, dalam pemberitahuan hak cipta ditampilkan selama POST, atau di pemilik manual, maka Anda beruntung. Phoenix tidak membuat sistem komputer. Tidak ada cara yang dapat diandalkan untuk Phoenix untuk menentukan produsen yang asli, angka yang tertera pada stiker BIOS pada motherboard tidak
    mengidentifikasi BIOS versi atau pabrikan sistem " Mereka" adalah urutan nomor yang digunakan untuk menghitung stiker.. Mereka tidak mengidentifikasi BIOS maupun produsen komputer . tetapi perusahaan-perusahaan seperti Intel telah meng-upgrade untuk Phoenix BIOS yang digunakan pada motherboard mereka.

    MR BIOS
    Microid Research Inc. Pembuatan MR BIOS untuk berbagai chipset dantersedia berbagai upgrade-an nya untuk banyak motherboard. Jika Anda memiliki pciset berbasis Intel (Sebelumnya disebut ‘Triton’)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar