Kamis, 21 Oktober 2010

PCE 10/02 - Motherboard Dan Komponennya

Motherboard


Sering juga disebut mainboard, logic board, system board, atau disingkat dengan mobo.
Motherboard adalah sebuah papan induk dan merupakan salah satu komponen yang paling penting pada komputer. Motherboard penting karena menentukan kapabilitas ( kemampuan system ), misalnya :

● Jenis dan jumlah memori RAM maksimal yang bisa dipasang pada komputer
● Kecepatan maksimal processor yang didukung, tipe, serta merknya. Beberapa motherboard kelas atas mendukung dual processor ( dua processor dalam satu komputer ) untuk mempercepat kinerjanya.
● Jenis expansion card yang bisa dipasang ( seperti PCI, ISA, AGP, PCI Express) dan jumlah slot yang tersedia.
● Teknologi yang telah didukung, misalnya HT ( Hyper Threading ), jumlah port USB, firewire, dll

Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :
* Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer
* Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain
* Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard

 
Secara nyata, motherboard pada dasarnya adalah sebuah kepingan papan electronic (PCB / Printed Circuit Board) yg berfungsi untuk menyediakan tempat (socket, slot & connector) bagi komponen-komponen tersebut, lalu mengatur dan mengkoordinir mereka agar dapat bekerjasama dengan baik. Komponen itu (atau bisa disebut sebagai periferal / deviceseperti processor, memory, video card (VGA), device connector (printer, sacnner, monitor), dan sebagainya. Wadah tempat mereka diletakkan pada processor mempunya istilah tersendiri seperti socket, slot atau connector. Contoh : socket processor, slot PCI Card, slot memory (atau biasa disebut salah satu : SIMM, DIMM, RIMM), atau connector USB.
Dan seperti umumnya pada PCB, motherboard juga berisi jalur sirkuit elektrik yg menghubungkan setiap komponen tersebut. Sirkuit berfungsi  menyediakan tempat untuk mentransfer sinyal & voltase (power). PCB sendiri terdiri dari beberapa lapisan (biasanya disebut layer), dan setiap layer berisi jalur sirkuit tersendiri, hingga setiap jalur yg rumit tidak perlu berhubungan jalur lain yg tidak terkait. Semakin banyak layer pada motherboard (biasanya 4 - 8 layer) maka akan semakin berkualitas, karena mengurangi adanya ganggungan interferensi.
Motherboard mendapat supply tenaga dari sebuah power supply, dimana voltase akan dialirkan melalui sebuah power connector. Seluruh periferal yg terinstal dengan MB akan mendapat pasokan power ini. Dipasaran tersedia berbagai varian power supply, yaitu 250w, 300w atau sampai 500w.
Bagaimana cara kerja Motherboard ?
Ketika sebuah computer dinyalakan (power-on), yg pertama kali berproses adalah chip BIOS yg akan mem-verifikasi komponen yg dipasang sistem PC, seperti type processor, memory, add-on card, dan komponen lainnya. Biasanya semua komponen ini akan dideteksi otomatis oleh BIOS, dan disalin dalam list (daftar) yg dapat dilihat oleh user. BIOS mendapatkan power dari sebuah battere yg berfungsi ketika computer dimatikan (power-off), jadi data yg disimpan pada chip tidak akan hilang. Ketika BIOS selesai memverifikasi informasi dari seluruh komponen yg terinstall, maka tugas akan beralih ke chipset yg mengontrol seluruh device / komponen. Chipset mengatur processor ketika menginstruksikan atau meminta data dari memory, transfer dari memory ke HDD dan komponen I/O yg ada.
Pertamakali system akan mendeteksi OS (System Operasi) yg dipakai, dari sinilah system hardware & software akan terhubung dan bekerjasama. Jika OS dapat dideteksi maka system akan bekerja sebagaimana mestinya. Beberapa macam OS yg umum digunakan adalah Microsoft Windows, Linux atau DOS.
Komponen Dalam Motherboard :
Pada dasarnya, semua motherboard memiliki komponen :
  • Chip Mikroprocessor/Processor: Jika dianalogkan, processor layaknya “Otak” pada manusia. Processor merupakan komponen penting yang berfungsi mengendalikan semua komponen didalam komputer, mengolah data, dan mengeksekusi semua sistem operasi yang diinstalkan didalam computer. Satuan kecepatan eksekusi processor dinyatakan dalam hertz (Hz). 
  • Soket atau slot processor : adalah tempat pada motherboard yang dipakai untuk menancapkan processor. Jenis soket atau slot pada motherboard terbaru selalu berubah untuk menyesuaikan dengan perkembangan processor. JEnis soket processor bisa berbeda-beda, tergantung merk dan tipenya.
  • System chipset : adalah chip utama pada motherboard yang menentukan kemampuan motherboard secara keseluruhan. Chipset dibuat agar motherboard bisa memanfaatkan processor secara optimal. Karena itu, jenis chipset terus berubah sesuai dengan perkembangan teknologi processor, motherboard, dan peranti lain yang ditancapkan melalui bus system. Motherboard untuk processor intel banyak memakai chipset buatan intel, Via, dan Sys. Sedangkan untuk prosessor AMD banyak digunakan chipset buatan AMD, Nvidia, Via dan SIS.
  • Chipset yang dipasang pada motherboard biasanya dipisahkan menjadi chip north bridge (Bridge bertugas melakukan routing data antar bus dalam komputer) dan south bridge.Nort Bridge: Chipset mainboard yang berfungsi sebagai pengatur aliran data dengan kecepatan tinggi terutama pada processor(CPU), RAM,AGP, PCI Express dan kartu video yg terintregasi.South Bridge: Chipet mainboard yang berfungsi sebagai pengatur aliran data dengan kecepatan rendah, terutama pada IDE, DMA, PCI, dan port-port parallel dan serial. 
  • RAM (Random Acces Memory) adalah salah satu memory didalam komputer yang bersifat sementara (apabila komputer dimatikan maka semua intruksi maupun data yang ada di memory akan hilang) yang digunakan untuk menampung instruksi atau program, untuk memproses data-data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication device. Sebagai contoh di dalam task manager di bagian processes ada memory usage,program-program tersebut disimpan sementara didalam RAM. RAM merupakan memory yg dapat diakses secara random, RAM berfungsi untuk menyimpan program yg kita olah untuk sementara. 
  • ROM (Read Only Memory) adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. ROM juga dikenal sebagai suatu firmware. ROM tidak bisa ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM tergolong dalam media penyimpanan yang sifatnya permanen. Chip ROM datang dari pabriknya dengan program atau instruksi yang sudah disimpan di dalamnya. Satu-satunya cara untuk mengganti kontennya adalah dengan mencopotnya dari komputer dan menggantinya dengan ROM yang lain.Penggunaan dari ROM ini contohnya adalah sebagai media penyimpanan dari BIOS (Basic Input-Output System) yang dibuat oleh pabriknya. 
  • VGA merupakan komponen yg berfungsi untuk menerjemahkan bahasa system kedalam bahasa gambar, kemudian informasi tersebut ditampilkan oleh monitor. Tentunya, semakin besar kapasitas VGA akan menghasilkan tampilan yg berkualitas pada layar monitor.
  • Sound card berfungsi sebagai pemutar suara. Tanpa perangkat ini, mustahil anda bisa mendengarkan favorit anda melalui komputer. Saat ini, kebanyakan sound card sudah terintegrasi (on-board) pada motherboard. Namun, apabila kurang puas dengan kualitas suara yg dihasilkan oleh sound card on-board,, Kita bisa mengganti atau menambahkan sound card tambahan.
  • LAN Card dan Wireless Card
    • LAN Card merupakan perangkat yg berfungsi menghubungkan komputer kedalam jaringan menggunakan kabel UTP RJ-45. Wireless Card merupakan perangkat yg mampu menghubungkan komputer 
  • Kipas pendingin
    • Heat sink berfungsi sebagai peredam panas yg dihasilkan oleh processor.Kipas processor berfungsi sebagai alat pendingin processor dan heat sink. Biasanya, pada saat membeli processor sudah sepaket dengan heat sink dan kipas processor. Pada kondisi tertentu, misalnya ingin performa processor lebih terjaga, anda bisa saja mengganti heat sink atau kipas processor standar bawaan processor.
  • Port Serial: Memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal.
  • Port Parallel:Port yang digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port parallel. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. Termasuk dalam port paralel adalah port penghubung printer, modem, dan port penghubung disk drive.
  • Port USB: Merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya. Port USB merupakan pengembangan dari port serial. Saat ini, port usb paling populer digunakan, misalnya untuk flash disk, harddisk eksternal, mouse, keyboard. Kelebihan dari port USB adalah kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. USB ini dirancang tidak tergantung pada ekspansion slot, dan USB yang dipasang tidak perlu melakukan booting ulang komputer. Selain itu, USB juga mendukung arsitektur daisy-chain ganda, yaitu penggunaan USB hub. Sebuah USB hub dapat menampung banyak device USB. Jumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar